Wedge Pattern

Pola Wedge merupakan pola yang cukup unik. Pola wedge bisa merupakan sebuah pola berkelanjutan bisa pula menunjukkan pola pembalikan arah tergantung arah pola wedge dan trend besarnya.

Pola wedge sendiri ada dua jenis:

1.Rising Wedge

Saat uptrend pola rising wedge biasanya mengindikasikan akan terjadinya pembalikan arah. Seperti yang ditunjukkan dalam grafik ini.

Saat downtrend pola rising wedge biasanya merupakan indikasi bahwa trend akan melanjutkan penurunan.Pola ini mengindikasikan sebuah penundaan sementara. Seperti yang ditunjukkan dalam grafik ini.

Pondasi pembentuk rising wedge adalah higher high dan higher low yang semakin ke atas membuat range harga semakin menyempit. Ini mengindikasikan kekuatan trader pembeli semakin melemah,niat beli sudah kecil.

2.Falling Wedge

Pada saat uptrend pola falling wedge biasanya mengindikasikan trend akan melanjutkan penguatan. Contoh lebih detailnya seperti gambar berikut.

Saat downtrend pola falling wedge biasanya merupakan indikasi bahwa akan terjadi pembalikan arah. Seperti yang ditunjukkan dalam grafik ini.

Pondasi pembentuk falling wedge adalah lower high dan lower low yang semakin ke bawah membuat range harga semakin menyempit. Ini mengindikasikan kekuatan trader penjual semakin kecil,tekanan jual sudah mulai melemah.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *