Trading Itu Sulit – YA TERUUSSSSS ??!!?

Coba Anda renungkan baik-baik apakah menjadi yang saya sebutkan dibawah ini mudah?

Apakah menjadi ayah yang baik yang penuh tanggung jawab bagi anak-anak itu mudah?

Anda harus mencari nafkah untuk anak-anak Anda, Anda harus memberikan kehidupan yang layak bagi mereka, Anda harus mencukupi kebutuhan hidup mereka, Anda harus menyiapkan tabungan pendidikan bagi mereka, Anda harus meluangkan waktu untuk mereka, mengajari mereka belajar, menemani mereka bermain, mendengar tentang keluhan-keluhan mereka, bersama mereka ketika anak-anak Anda sedang ada masalah dan menjadi sosok teladan bagi mereka.

Menjadi ayah yang baik itu sulit.

 

Apakah menjadi suami yang baik itu mudah?

Anda harus mencintai istri Anda sepenuh hati walaupun istri Anda sudah tidak secantik dulu. Anda harus mendengar keluh kesah istri Anda. Anda harus mencukupi kebutuhan seks istri Anda dengan baik.

Anda harus menjadikan istri Anda sebagai partner bukan pembantu. Anda harus berdiskusi dengan istri Anda sebelum mengambil keputusan. Anda harus mencukupi kebutuhan rumah tangga Anda. Anda harus membuat istri Anda tertawa. Anda juga harus melindungi istri Anda. Anda harus menemani istri Anda ketika sedang sakit.

Menjadi suami yang baik itu sulit.

 

Apakah menjadi manajer yang baik itu mudah?

Anda harus mengetahui watak dan sifat bawahan Anda. Anda harus mampu menepatkan bawahan Anda sesuai dengan skill mereka masing-masing. Anda harus mampu memotivasi karyawan Anda agar tetap bergairah dalam bekerja.

Anda harus mampu menentukan tujuan yang jelas akan apa yang harus diraih oleh tim Anda. Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik. Anda harus menjadi seorang problem solver. Anda harus menampung semua keluh kesah karyawan Anda. Disatu sisi sikap Anda harus tegas tetapi disisi lain Anda juga harus fleksibel. Dan Anda juga tidak boleh pilih kasih.

Menjadi manajer yang baik itu sulit.

 

Apakah pekerjaan dokter itu mudah?

Anda harus belajar kurang lebih 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana Anda. Untuk mendapatkan gelar dokter, Anda masih harus melaksanakan profesi sebagai seorang koas (dokter muda) selama kurang lebih 1.5 tahun yang merupakan tahapan tersulit. Anda masih harus mengikuti UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia).

Setelah lulus Anda masih harus mengurus STR (Surat Tand Registrasi) sebagai tanda legal berpraktek di Indonesia. Apakah Anda sudah bisa buka praktek pribadi? Belum! Anda masih harus jadi dokter internship selama setahun yang harus bersedia ditempatkan dimana saja di Indonesia. Dan Anda hanya menerima insentif hanya sebesar Rp 1,2 juta/bulan!

Mejadi dokter itu sulit!

 

Apakah menjadi karyawan teladan itu mudah?

Anda dituntut untuk bekerja secara professional apapun masalah pribadi yang sedang Anda miliki. Anda harus memahami dengan baik apa yang bos Anda harapkan. Anda harus bekerja melebihi ekspektasi. Anda harus mampu bekerja dalam tim. Anda harus mampu bekerja dalam tekanan.

Anda harus menjalin komunikasi yang baik antar rekan kerja Anda. Anda harus jujur. Anda harus disiplin, datang kerja tepat waktu dan menjaga track record Anda. Anda harus proaktif membantu memberikan solusi setiap kali ada masalah di kantor. Anda juga harus memiliki perilaku yang baik.

Menjadi karyawan teladan itu sulit!

 

Apakah menjadi pengusaha sukses itu mudah?

Anda harus mati-matian membangun bisnis yang baru saja Anda rintis! Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar bisnis milik Anda tersebut berkembang dan tidak mati. Anda akan kehilangan banyak waktu untuk bersenang-senang. Anda akan kehilangan waktu untuk keluarga Anda.

Anda akan dihantui oleh rasa takut gagal. Bagaimana jika bisnis Anda gagal lalu Anda bangkrut? Bagaimana jika bisnis Anda belum stabil dan penghasilan yang Anda perolehpun tidak pasti yang terkadang Anda masih harus merugi.

Anda akan dihadapkan pada kejamnya persaingan bisnis antara kompetitor.

Anda harus mempelajari tentang bagaimana membuat laporan keuangan yang baik.

Jika Anda berhutang, maka Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar Anda mampu membayar hutang-hutang Anda tepat waktu. Jika Anda mencari dana dari investor, Anda harus mampu meyakinkan bahwa bisnis Anda memiliki prospek yang cemerlang di masa depan.

Anda harus memikirkan bagaimana menggaji karyawan-karyawan Anda.

Jika bisnis Anda sudah berjalan, Anda masih harus terus berinovasi. Jika Anda malas, kebangkrutan bisnis Anda hanya tinggal menunggu masalah waktu.

Menjadi pengusaha sukses itu sulit!

Anda lihat?

Memproleh kesuksesan dalam bidang apapun itu sulit!

Terserah Anda ingin memilih jadi apa saja dan saya jamin Anda tidak akan mendapatkannya dengan mudah dan tanpa kerja keras!

Apapun yang berharga dalam hidup ini memang sulit untuk diraih!

Justru karena kesulitan tersebutlah maka sesuatu itu menjadi berharga.

Menjadi trader yang mampu memperoleh profit konsisten dari pasar finansial manapun itu SULIT!

Ada jalan panjang nan berliku yang harus Anda lewati. Anda harus mengetahui dengan baik pasar finansial dimana Anda akan trading. Anda harus mengenal siapa diri Anda, agar Anda bisa menentukan gaya trading apa yang akan Anda gunakan nantinya.

Anda harus mengetahui karakter Anda, agar Anda bisa menciptakan strategi atau sistem trading yang sesuai dengan karakter Anda sendiri. Anda masih harus menguji sistem trading Anda. Anda harus memahami dengan baik strategi trading yang Anda gunakan, apa saja keunggulannya dan apa saja kelemahannya.

Anda harus memahami statistik strategi trading Anda. Berapa tingkat akurasi keberhasilannya. Berapa total keuntungan yang dihasilkan, berapa pula total kerugian yang dialami. Apakah hasilnya positif apa tidak. Jika hasilnya negative maka Anda harus membuat lagi sistem trading dengan Positive Expectancy.

Anda harus memiliki Trading Rules, Trading System dan Trading Plan!

Anda harus memiliki Probabilistic Mindset. Anda harus melatih pikiran Anda untuk menerima kenyataan tidak ada yang pasti dalam trading! Anda harus selalu siap sedia ketika hal-hal buruk terjadi saat trading!

Anda harus memahami cara kerja The Law of Large Number dalam trading (saya akan bahas di artikel terpisah).

Anda harus mampu disiplin dan konsisten menjalankan strategi Anda ketika sedang mengalami masa-masa sulit seperti ketika menghadapi badai kerugian beruntun. Anda harus tetap tenang pada periode Maximu Drawdowns.

Anda harus mengontrol risiko setiap kali trading! Anda harus melakukan money management yang benar. Anda harus mampu mempraktekkan Compunding Return agar uang di rekening trading Anda bertumbuh.

Anda harus melakukan jurnal trading! Mencatat semua transaksi yang Anda lakukan dan juga Anda harus screenshot grafik harga ketika Anda membuka transaksi maupun menutup transaski untuk dilakuan reveiew!

Anda masih harus melakukan analisa terhadap transaski yang sudah Anda jurnal. Apakah Anda sudah disiplin atau belum. Jika tidak, dibagian apa? Apakah Anda melakukan kesalahan? Jika iya, kesalahan apa saja?

Anda juga harus menuliskan rencana-rencana untuk dilakukan perbaikan kedepannya.

Trading itu sebuah proses yang tidak berujung.

Trading tidak ada bedanya dengan profesi lain. Untuk berhasil Anda perlu WAKTU, KESABARAN, KETEKUNAN dan KEGIGIHAN.

Kalo trading itu mudah semua orang sudah sukses, semua orang sudah duduk-duduk di pantai, semua orang sudah jalan-jalan keliling dunia, semua orang sudah beli mobil Lamborghini, semua orang sudah pamer foto di Instagram betapa suksesnya hidup mereka karena trading.

Kenyataan Itu Pahit Jenderal!

Trading itu sulit – Ya terus?

Anda mau nangis? Itu hak Anda.

Anda mau nangis sambil guling-guling di tengah jalan? Itu hak Anda.

Anda mau nangis di dalam pelukan selingkuhan Anda? Itu juga hak Anda.

Anda mau menampar diri Anda karena telah banyak melakukan kebodohan? Jangan. Berikan saja tugas itu kepada saya.

Anda juga mau nyalahin Tuhan atau nyalahin Jokowi atas semua kerugian-kerugian yang Anda alami? Silahkan.

Anda mau nyari kambing hitam untuk semua kegagalan Anda? Jangan kuatir. Saya akan bantu Anda nyari kambing putih sekalian. Biar Anda puas nyalahin kambing. Kalo itu yang Anda mau.

Hak Anda pula untuk menyerah di tengah jalan, di pinggir jalan atau di bahu jalan. Suka-suka Anda sajalah.

Anda berpikir untuk mencari bisnis lain “yang lebih mudah dan gampang”? Siap-siap saja kena jebakan batman. Tapi itupun terserah Anda.

Anda mau mati terkubur dalam lubang kegagalan atau Anda mau bangkit berjuang, semua keputusan ada di dalam tangan Anda.

Jika Anda hanya mau melakukan hal-hal mudah, hidup ini menjadi sulit. Tetapi jika Anda rela melakukan hal-hal sulit, hidup ini menjadi lebih mudah.

 

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *