Tools Trading

Semua Tools Trading dibawah ini adalah BONUS Report Lengkap Backtesting.

SEGERA DAPATKAN SEMUA BONUS LUAR BIASA INI!

1. TEMPLATE STATISTIK TRADING

Jika Anda telah trading cukup lama dan masih merugi sampai saat ini. Atau Anda pernah trading dan bangkrut berkali-kali,hampir bisa dipastikan Anda tidak mengetahui statistik trading Anda sendiri.

Seperti yang telah saya jelaskan di artikel ini,mengetahui statistik trading Anda sangat penting bagi keberhasilan Anda menjadi trader yang sukses. Apakah sistem trading Anda memiliki positive expectancy atau tidak? Jika sistem trading Anda tidak memilki positive expectancy sangat wajar jika Anda terus merugi. Jika sistem trading Anda memiliki positive expectancy tetapi Anda keliru menerapkan money management tepat,sudah bisa dipastikan Anda juga akan terus merugi.

Apakah selama ini Anda mengetahui sudah berapa kali transaksi trading yang telah Anda lakukan? Berapa kali Anda untung? Berapa persen tingkat akurasi sistem trading Anda? Berapa rata-rata untung Anda tiap transaksi? Berapa kali Anda rugi? Berapa rata-rata kerugian yang Anda alami? Apakah rata-rata kerugian tersebut terlalu besar? Berapa kali kemenangan beruntun? Berapa kali Anda mengalami kekalahan beruntun? Berapa keuntungan terbesar Anda? Berapa kerugian terbesar yang pernah Anda alami? Berapa aktual Risk to Reward Ratio Anda selama ini? Apakah uang Anda bertumbuh?

Apakah Anda bisa menjawabnya?

Jika tidak,berhentilah trading sekarang!

Ambilah waktu untuk mempelajari statistik trading Anda.

Saya menyediakan bagi Anda suatu tool trading yang dapat membantu Anda untuk mengetahui statistik Anda selama ini.Tool trading yang saya sediakan ini formatnya dalam bentuk Microsoft Excel.

Tampilannya seperti ini:

Cara menggunakan:

  • Pertama-tama mintalah broker Anda untuk mengirimkan kepada Anda SEMUA REKAPAN TRANSAKSI YANG TELAH ANDA LAKUKAN SELAMA INI.
  1. Semua hasil transaksi yang menguntungkan Anda masukkan ke dalam kolom profit.
  2. Semua hasil transaksi rugi Anda masukkan ke dalam kolom loss dengan membuat tanda minus pada hasil transaksi tersebut.Misalnya –$200 atau –Rp10.000.000
  3. Masukkan jumlah modal trading yang Anda miliki pertama kali.
  4. Jika hasil yang muncul dalam kolom ini lebih besar dari -2% itu artinya Anda merisikokan terlalu banyak uang tiap transaksi. Hasil yang muncul adalah persentase yang dihitung dari modal awal yang Anda miliki.
  5. Hasil dari trading Anda akan muncul otomatis pada grafik ini.
  6. Untuk mengetahui pergerakan modal yang Anda miliki,Anda cukup melihat tab pada grafik modal.
  7. Untuk mengetahui persentase pertumbuhan modal Anda dapat melihatnya di tab tersebut.

Setelah Anda mengetahui statstik trading Anda,tibalah bagi Anda untuk melakukan analisa.Apakah sistem trading Anda menguntungkan apa tidak? Jika tidak Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sistem trading yang lain yang lebih profitable. Apakah Anda melakukan kekeliruan dengan merisikokan terlalu banyak uang tiap transaksi? Di transaksi berikutnya Anda dapat mulai menerapkan money management yang tepat.

Banyak sekali hal yang akan Anda ketahui dari statistik trading Anda.Dari situlah Anda dapat melakukan perbaikan dan meningkatkan performa trading Anda di kemudian hari.

2. TEMPLATE TRADING PLAN

Tidak perlu diragukan lagi,sebagai seorang trader wajib hukumnya bagi Anda untuk memiliki trading plan.

Di dalam trading plan Anda minimal ada bagian informasi mencakup saham apa yang Anda beli,dari sektor apa,entry di harga berapa,take profit di harga berapa,stop loss di harga berapa,berapa jumlah saham yang Anda beli.

Dengan memiliki trading plan dan menjalankannya maka Anda telah menjadikan proses trading Anda menjadi Stress Free Trading. Ketika emosi-emosi sudah mulai menyerang ditengah jalan,Anda cukup melihat kembali trading plan yang telah Anda buat.

Anda dapat mendownload contoh template trading plan yang telah saya buat dan langsung menggunakannya.Atau Anda dapat juga membuat trading plan Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. KALKULATOR POSITION SIZING

Salah satu kunci yang sangat penting agar berhasil di dunia trading adalah menerapkan Money Management yang tepat.

Melakukan position sizing yang benar adalah menghitung jumlah saham yang akan Anda beli dalam tiap transaksi berdasarkan total modal yang Anda miliki,uang yang akan Anda risikokan per transaksi (dalam persentase) dan risiko per saham jika harganya turun (titik stop loss).

Untuk lebih detail mengenai position sizing,bisa Anda baca di artikel ini yang sudah saya jelaskan panjang lebar.

Di sini saya ingin memberikan kepada Anda Kalkulator Position Sizing untuk memudahkan Anda menghitung berapa jumlah saham yang harus Anda beli. Dengan demikian Anda mampu menerapkan money management yang tepat setiap transaksi.

Anda tidak lagi trading berdasarkan emosi keserakahan ingin cepat kaya dan berdasarkan emosi ketakutan akan mengalami kerugian,karena Anda telah mengukur risikonya dengan baik!

4. TEMPLATE TRADING JOURNAL

Jika selama ini Anda trading tetapi Anda tidak pernah mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan ke dalam sebuah jurnal,sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Trader professional yang menghasilkan uang secara konsisten dari pasar finansial pasti melakukan jurnal trading.Karena hanya dengan demikian mereka memiliki record tentang performa trading mereka.

Dengan adanya trading journal ini Anda bisa mengetahui apakah Anda telah disiplin menjalankan sistem trading Anda sendiri atau tidak. Jika Anda melakukan kesalahan ketika trading Anda akan mengetahui di transaksi mana saja kesalahan itu terjadi.

Anda tidak dapat memperbaiki sesuatu yang tidak Anda ketahui. Dengan menjurnal setiap transaksi, jika melakukan kesalahan Anda dapat melihat kesalahan tersebut dan dapat memperbaikinya!

Di sini saya ingin membagikan kepada Anda template Trading Journal,lengkap dengan statistik trading serta grafik modalnya sehingga begitu Anda memasukkan data-data yang diperlukan,Anda akan segera mengetahui statistik trading Anda dan pergerakan modal yang Anda miliki secara otomatis!

Trading Journal ini akan sangat membantu Anda dalam menganalisa performa trading Anda. So you can be a better trader everyday!

5. EMOTIONS TRACKER

Sebagai seorang trader apalagi Anda masih pemula,sangat penting bagi Anda untuk mengetahui emosi apa yang menggerakkan Anda ketika mengambil keputusan saat trading.

Sebisa mungkin Anda harus mampu meminimalkan menggunakan emosi ketika membuat keputusan ketika trading.Itulah pentingnya Anda perlu memiliki sistem trading yang memiliki positive expectancy.

Ketika Anda sudah memiliki sistem trading yang memiliki positive expectancy tugas Anda sebagai trader selanjutnya adalah menjalankan sistem trading tersebut dengan disiplin,tanpa ragu-ragu dan penuh percaya diri.

Disiplin menjalankan sistem trading yang kita miliki terdengar mudah.

Tetapi kenyataannya tidak demikian,untuk bisa disiplin menjalankan sistem trading yang kita miliki perlu usaha dan latihan keras. Anda mungkin akan mengalami jatuh bangun berkali-kali sebelum akhirnya mampu disiplin menjalankan sistem trading yang Anda miliki.

Pernahkah Anda mengeluarkan kalimat-kalimat di bawah ini ketika trading?

Beli gak ya? Beli gak ya? Beli gak ya?”

Akhirnya Anda memutuskan tidak membeli dan Anda hanya bisa melihat harga terbang dengan penuh penyesalan. Atau akhirnya Anda memutuskan untuk membeli dan setelah Anda membeli harga langsung anjlok,dan Anda lagi-lagi menyesal kenapa malah beli.

Saya yakin harganya pasti akan naik! Teman-teman saya juga bilang begitu”

Lalu Anda membeli dan merisikokan semua uang Anda dalam satu transaksi dan akhirnya Anda harus menerima kerugian yang cukup besar.

“Harganya masih kuat untuk naik kok.”

Anda tidak keluar posisi walaupun profit sudah tercapai karena berpikir harga akan terus melanjutkan rally.Tetapi tiba-tiba market berbalik arah.Posisi Anda yang tadinya profit berubah seketika menjadi loss.

“Saya sudah rugi banyak,saya hanya akan keluar jika saya sudah impas.”

Tetapi ternyata harga terus melanjutkan penurunan.Bukannya malah impas,kerugian yagn Anda alami semakin besar.

“Saya harus segera keluar,saya sudah rugi sedikit,jangan sampai menjadi kerugian besar.”

Setelah Anda keluar,harga malah melonjak naik secara drastis dan kembali Anda menyesal telah keluar dari posisi Anda saat itu.

Pernahkah Anda bertanya,apa emosi dibalik semua keputusan-keputusan trading yang Anda buat selama ini?

Apakah keputusan yang Anda buat berdasarkan emosi keserakahan,ketakutan atau keraguan?

Atau Anda sudah mengambil keputusan trading yang tepat secara objektif berdasarkan sinyal yang diberikan oleh sistem trading Anda baik untuk membeli maupun menjual?

Disini saya ingin membantu Anda agar Anda bisa “melacak” emosi yang melatarbelakangi Anda mengambil keputusan ketika trading.

Saya sudah menyediakan EMOTIONS TRACKER dalam bentuk pdf kepada Anda.

Emotions Tracker ini akan membantu Anda untuk mengetahui keputusan apa yang Anda buat ketika trading,apa emosi yang melatarbelakangi-nya dan apa solusi yang bisa Anda ambil sehingga di transaksi berikutnya Anda tidak lagi mengambil keputusan trading berdasarkan emosi,feeling atau intuisi. Tetapi Anda mengambil keputusan trading berdasarkan sistem trading yang telah Anda buat sendiri.

6. MISTAKES FINDER

Anda tahu apa yang pasti di dunia trading? Anda pasti akan melakukan kesalahan! Dan Anda pasti akan melakukan banyak sekali kesalahan terutama di awal karir Anda sebagai seorang trader!

Melakukan kesalahan itu baik adanya,itu menandakan Anda bertindak melakukan sesuatu hal.Hanya saja kesalahan yang kita lakukan akan berguna jika dan hanya jika kita belajar dari kesalahan tersebut.

Banyak sekali trader pemula atau trader yang sudah lama trading tetapi tetap merugi tidak mengetahui kesalahan apa saja yang mereka lakukan ketika trading.Karena mereka tidak mengetahui kesalahan yang mereka lakukan mereka tidak dapat memperbaikinya.

Atau ada yang lebih parah,walaupun ada beberapa trader yang mengetahui kesalahan yang mereka lakukan tetapi di transaksi berikutnya mereka tetap melakukan kesalahan yang sama. Mereka tidak belajar apapun juga dari kesalahan tersebut. Ini biasanya terjadi karena mereka tidak menuliskan kesalahan-kesalahan tersebut ke dalam sebuah jurnal.

Penting sekali untuk mencatat kesalahan apa saja yang kita lakukan ketika trading.

Jika Anda ingin mempercepat keberhasilan Anda sebagai seorang trader segeralah belajar dari kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan dan segera ambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

Mistakes Finder yang memiliki format pdf ini bertujuan untuk membantu Anda menemukan kesalahan yang Anda lakukan pada tiap transaksi.

Mistakes Finder merupakan daftar kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh trader ketika trading. Dengan mengetahui secara pasti kesalahan apa saja yang Anda lakukan ketika trading,diharapkan Anda dapat melakukan perbaikan di transaksi berikutnya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *