Setiap Trader Sukses Memahami Bagaimana Cara Kerja Kerugian, Anda Juga Wajib!

Tolong Anda jawab dengan cepat: Anda memiliki uang $1000 kemudian uang itu naik 50%, turun50%, naik 50% dan turun 50% ,berapa uang Anda sekarang? Apakah Anda untung,impas atau rugi? Secara persentase 50%-50%+50%-50% = 0% Tapi benarkah Anda impas?

Jika Anda jawab impas Anda keliru. Mari kita lihat grafik dibawah ini:

1.Pertama uang Anda $1000

2.Kemudian uang Anda mengalami kenaikan 50% menjadi $1500

3.Uang $1500 mengalami penurunan -50% menjadi $750

4.Uang $750 mengalami kenaikan 50% menjadi $1125

5.Uang $1125 mengalami penurunan -50% menjadi $562.5

Uang Anda tinggal $562.5! Anda rugi -$473.5 atau sekitar -43.8% dari modal awal Anda! Lihatlah bagaimana kerugian dengan persentase yang sama dengan keuntungan tetapi membuat uang Anda berkurang drastis.

Kerugian melawan Anda secara sadis! Itulah sebabnya sebagai seorang trader tugas Anda adalah mengontrol risiko. Kenapa? Karena ketika trading Anda akan berhadapan dengan banyak kerugian.Itu pasti! Kerugian adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari ketika trading,apapun strategi trading yang Anda gunakan! Tidak hanya itu,Anda juga akan mengalami serangkaian kerugian beruntun yang disebut dengan drawdowns.Itu juga pasti!

Saya akan menjelaskan dengan lebih detail menggunakan tabel berikut:

Dari tabel di atas bisa kita lihat bagaimana kerugian menyerang trader dengan sangat dahsyat! Jika Anda mengalami kerugian 20% dari modal Anda,Anda membutuhkan keuntungan 25% untuk kembali impas. Jika Anda mengalami kerugian 50%? Anda harus untung 100% untuk bisa break even! Apakah untung 100% itu mudah? You wish! Jika Anda mengalami kerugian 50% berarti Anda tahu bahwa untuk memperoleh keuntungan itu tidak mudah! Pertanyaannya mungkinkah Anda rugi 50% hanya dalam beberapa transaksi? Ya mungkin sekali. Jika Anda merisikokan terlalu banyak uang di dalam suatu transaksi.

Berikut tabel korelasi antara serangkaian transaksi rugi beruntun dan pengaruhnya dengan penurunan modal yang Anda miliki.

Jika Anda konsisten merisikokan hanya 1% dari modal Anda tiap transaksi,bahkan jika Anda mengalami kerugian 10 kali beruntun Anda hanya akan kehilangan -9.6% dari modal Anda.Itu artinya Anda masih memiliki modal yang cukup untuk melakukan transaksi berikutnya dan lebih mudah pula bagi Anda untuk menutupi kerugian tersebut. Jika Anda merisikokan 5% dari modal Anda tiap transaksi,jika terjadi kerugian 10 kali beruntun Anda akan rugi -40.1%! Dan Anda butuh keuntungan 67% hanya untuk kembali ke modal awal dan tentu saja ini sangat sulit dilakukan.

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak mungkin mengalami kerugian 5-10 kali beruntun.Tapi percayalah,apa saja mungkin terjadi di pasar finansial. Saya sendiri sudah mengalaminya. Karena trading merupakan permainan probabilitas,apa saja bisa terjadi. Sebaiknya Anda pelajari di artikel tentang probabilitas dalam trading ini. Di artikel berikutnya Anda akan belajar tentang Risk of Ruin (Risiko Kehancuran) dalam trading dengan lebih mendetail. Artikel ini saya sajikan sebagai modal awal Anda untuk memahami konsep Risk of Ruin tersebut,salah satu konsep terpenting dalam trading yang wajib Anda pahami dengan baik.

Sampai di sini saya berharap Anda memahami dengan jelas bahwa trading adalah permainan mengendalikan risiko.Anda tidak mungkin menghilangkannya.Dengan secara konsisten Anda merisikokan sedikit uang (risiko maksimal 1%-2% dari modal) tiap transaksi Anda telah mencegah risk of ruin akun trading Anda. Anda harus menjadi seorang Risk Manager yang handal agar sukses menjadi seorang trader. Itu harus!

Good luck!

Enjoy the process and have good trading habits.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *