Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Candlestick!

Di artikel sebelumnya yang membahas tentang grafik harga, telah disinggung sedikit mengenai grafik candlestick.

Banyak trader yang menggunakan candlestick chart untuk menunjukkan harga. Karena secara visual grafik candlestick mudah dipahami dan informasi yang disajikan dalam setiap candlestick juga cukup lengkap termasuk harga pembukaan, harga terendah, harga tertinggi dan harga penutupan.

Jenis candlestick chart ini sendiri sudah digunakan sejak abad ke-18 oleh para pedagang beras di Jepang.

Candlestick umumnya digunakan untuk trading jangka pendek, sehingga lebih cocok digunakan oleh trader. Salah satu keunggulan candlestick ini adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan mudah.

Biasanya untuk menggambarkan keadaan harga pasar yang mengalami kenaikan (bullish) candlestick yang digunakan berwarna hijau atau putih. Dan untuk menggambarkan keadaan harga pasar yang mengalami penurunan (bearish) candlestick yang digunakan berwana merah atau hitam.

Tapi penggunaan warna ini tergantung selera masing-masing trader yang dapat diubah-ubah dengan mudah di platform trading.

Cara membaca candlestick-nya pun cukup mudah:

  • Open artinya harga pembukaan
  • Close artinya harga penutupan
  • Low artinya harga terendah
  • High artinya harga tertinggi

Jika candlestick berwarna hijau artinya harga mengalami kenaikan dan ditutup menguat. Atau dengan kata lain minat beli cukup besar. Jika candlestick berwarna merah artinya harga mengalami penurunan dan ditutup melemah, hal ini berarti tekanan jual yang besar.

Memahami pola candlestick tidak hanya sekedar mengingat dan mengenali formasi candlestick di tampilan grafik harga.

Sudah banyak buku-buku yang membahas mengenai candlestick dan dilengkapi pula dengan puluhan contoh pola candlestick (beserta nama formasinya yang susah diingat) yang katanya menyediakan “informasi rahasia” tentang apa yang akan terjadi berikutnya.

Kenyataannya adalah tidak akan ada pengaruh yang cukup signfikan terhadap performa trading Anda entah itu Anda mengetahui tentang Gravetstone Doji, Abandoned Baby, Evening Star ataupun mengetahui semua pola-pola candlestick!

Yang paling penting itu adalah Anda mengetahui dengan jelas candlestick yang berada di depan Anda sedang ingin menyampaikan pesan apa kepada Anda mengenai market structure, kekuatan sebuah trend, pertarungan buyer dan seller dan kemungkinan pergerakan harga berikutnya.

Agar sukses bertransaksi menggunakan candlestick Anda perlu memahami 3 elemen utamanya. Sebelum kita membahas 3 elemen utama tersebut, Anda harus memiliki mindset yang benar terlebih dahulu.

Anda harus memahami bahwa pergerakan harga adalah pertempuran antara trader pembeli/buyer/bulls vs trader penjual/seller/bears.

Pertempuran antara permintaan dan penawaran harga (supply and demand). Dan setiap candlestick itu merupakan gambaran hasil dari pertempuran harga tersebut!

Dengan melihat elemen-elemen dalam candlestick Anda bisa dengan mudah mengetahui siapa yang menang, siapa yang kalah, siapa yang melakukan serangan balik, siapa yang sedang memegang kendali, dan siapa yang memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan pertempuran berikutnya.

Elemen-elemen utama candlestick adalah:

1.Ukuran body candlestick

Ukuran dari body candlestick membantu kita untuk mengetahui siapakah yang sedang memegang kendali harga apakah trader pembeli atau trader penjual.

Semakin besar/panjang ukuran dari body candlestick tersebut,maka semakin menunjukkan kekuatan si pemegang kendali. Semakin kecil ukuran dari candlestick tersebut menunjukkan bahwa baik trader pembeli ataupun trader penjual tidak dapat menggerakkan harga terlalu tinggi.

Pada sebuah momentum trend biasanya Anda akan melihat candlestick dengan body yang panjang dan ekor yang pendek-pendek.

2.Bentuk candlestick

Apakah Anda melihat bentuk candlestick dengan body lebih pendek daripada ekornya? Apakah Anda melihat body candlestick berada diantara dua ekor yang panjang?

Panjang ekor sebuah candlestick menunjukkan volatilitas pada pergerakan harga.

Semakin panjang ekor candlestick mengindikasikan bahwa trader yang memegang kendali sempat menggerakkan harga cukup jauh sebelum akhirnya harga ditolak karena ada “serangan balik” dari trader lain.

Ketika ekor candlestick semakin panjang maka volatilitas harga semakin besar pula.

Candlestick dengan body pendek yang berada di ujung dan memiliki ekor yang panjang seringkali merupakan indikasi akan terjadi pembalikan arah (reversal). Dan candlestick jenis ini sering di temui di area support maupun resistance.

Candlestick dengan body pendek yang berada di tengah diantara dua ekor yang memanjang artinya pasar sedang ragu-ragu. Baik trader pembeli maupun trader terlihat kebingungan.

3.Posisi candlestick

Elemen terakhir yang paling menentukan peluang kemenangan dalam bertransaksi menggunakan candlestick adalah posisi candlestick terhadap trend sebuah harga.

Ini berkaitan dengan konteks, apakah pola candlestick yang muncul mengindikasikan peluang untuk melanjutkan trend atau malah akan terjadi pola pembalikan harga (reversal).

Berikut tampilan beberapa posisi pola candlestick.

Tetapi perlu saya tekankan sekali lagi, Anda tidak perlu menghapal semua pola-pola di atas. Anda harus belajar memahami apa yang terjadi dibalik candlestick tersebut, bagaimana trader pembeli dan trader penjual menekan harga, siapa yang memegang kendali dan siapa yang kehilangan kontrol.

PERTEMPURAN DALAM CANDLESTICK

Berikut 6 jenis pertempuran yang paling sering terjadi dalam pembentukan sebuah candlestick dan penjelasannya:

1.Candlestick hijau dan panjang mengindikasikan bahwa para trader pembeli memegang kendali penuh.Semakin panjang candlestick-nya menunjukkan minat beli yang sangat besar.

Keterangan:

  1. Harga mulai dibuka di titik 1 kemudian trader penjual menekan harga sedikit ke titik 2.
  2. Tetapi di titik 2 trader pembeli mulai mengambil alih kendali dan mengangkat harga sampai ke titik 3. Pada fase ini seberapa tinggipun harga yang ditawarkan oleh trader penjual, trader pembeli sanggup membelinya.
  3. Di titik 3 trader penjual melakukan perlawanan sedikit untuk menekan harga lebih rendah ke titik 4.
  4. Harga di titik 4 merupakan harga penutupan, harga ditutup menguat pada periode tersebut.

Psikologi:

Jika Anda melihat candlestick seperti di atas artinya market cenderung positif dan buyer sedang berkuasa pada pembentukan candlestick tersebut.

Contoh grafik:

2.Candlestick merah dan panjang mengindikasikan bahwa trader penjual memegang kendali penuh. Semakin panjang ukuran candlestick-nya menunjukan tekanan jual yang sangat besar.

Keterangan:

  1. Harga mulai dibuka di titik 1, oleh trader pembeli harga sempat diangkat sedikit ke titik 2.
  2. Tetapi di titik 2 trader penjual mengambil alih kendali dan menekan harga jatuh sampai ke titik 3. Di fase ini seberapa rendahpun harga yang diminta oleh trader pembeli, trader penjual setuju untuk menjual diharga tersebut.
  3. Di titik 3 trader pembeli melakukan sedikit perlawanan dan mengangkat harga hingga ke titik 4.
  4. Harga di titik 4 adalah harga penutupan, harga ditutup melemah pada periode tersebut.

Psikologi:

Jika Anda melihat candlestick seperti di atas itu artinya market cenderung negatif dan seller sedang berkuasa pada pembentukan candlestick tersebut.

Contoh grafik:

3.Candlestick yang kecil (baik hijau maupun merah) mengindikasikan bahwa trader pembeli maupun trader penjual tidak dapat menggerakan harga terlalu jauh dan harga dekat pada posisi pembukaan.

Psikologi:

Terjadi pertarungan harga yang sengit antara trader pembeli dan trader penjual. Market sangat tidak pasti, para trader sedang tidak mempunyai arah yang jelas.

Jika Anda melihat candlestick seperti ini sebaiknya Anda menunggu dan jangan masuk ke pasar dulu sampai ada sinyal yang jelas harga bergerak ke arah mana.

Contoh:

4.Candlestick body kecil dengan ekor memanjang ke bawah mengindikasikan bahwa trader pembeli melakukan perlawanan besar. Trader penjual sempat memegang kendali dengan menekan harga jatuh ke bawah sebelum akhirnya trader pembeli melakukan perlawanan yang cukup besar dan mengangkat harga kembali ke sekitar level pembukaan.

Keterangan:

1.Harga mulai dibuka di titik 1, kemudian trader penjual melakukan aksi jual besar-besaran hingga menjatuhkan harga ke titik 2.

2.Di titik 2 trader pembeli mulai melakukan perlawanan besar dengan mengangkat harga sampai ke titik 3.

3.Di titik 3 trader penjual menekan harga sedikit hingga ke titik 4.

4.Harga di titik 4 adalah harga penutupan. Karena terjadi pertempuran harga yang sengit harga penutupan tidak jauh dari harga pembukaan yang digambarkan dengan body candlestick yang kecil.

Psikologi:

Jika Anda menemui candlestick seperti di atas dan Anda menemukannya di area support, itu mengindikasikan akan terjadi pembalikan arah pada market.

Contoh:

5.Candlestick body kecil dengan ekor memanjang ke atas mengindikasikan bahwa trader penjual melakukan perlawanan besar. Trader pembeli sempat memegang kendali dengan mengangkat harga ke atas sebelum akhirnya trader penjual melakukan perlawanan yang cukup besar dan menekan harga kembali jatuh ke sekitar level pembukaan.

Keterangan:

  1. Harga dibuka di titik 1, kemudian para trader pembeli (buyer) mengangkat harga tinggi dengan melakukan aksi beli yang masif hingga ke titik 2.
  2. Di titik 2 para trader penjual (seller) melakukan serangan balik dengan melakukan serangkain aksi jual yang membuat harga jatuh hingga ke titik 3.
  3. Dari titik 3 trader pembeli melakukan sedikit perlawanan dan mengangkat harga ke titik 4.
  4. Titik 4 adalah harga penutupan. Karena terjadi pertempuran harga yang sengit harga penutupan tidak jauh dari harga pembukaan yang digambarkan dengan body candlestick yang kecil.

Psikologi:

Jika Anda menemui candlestick seperti di atas dan Anda menemukannya di area resistance, itu mengindikasikan akan terjadi pembalikan arah pada market.

Contoh:

6.Candlestick body kecil diantara dua ekor yang panjang mengindikasikan bahwa baik trader pembeli maupun trader penjual masing-masing mempunyai kekuatan imbang dalam mengendalikan harga pasar, jadi keduanya tidak ada yang menang maupun kalah.

Keterangan:

  1. Harga dibuka di titik 1 dan oleh trader penjual harga ditekan jatuh hingga ke titik 2.
  2. Di titik 2 trader pembeli melakukan serangan balasan dengan melakukan aksi beli yang besar dan mampu mengangkat harga lebih tinggi hingga ke titik 3.
  3. Di titik 3 trader penjual masih tidak mau kalah,masih menunjukkan kekuatannya untuk melakukan aksi jual dan menjatuhkan harga hingga ke titik 4.
  4. Titik 4 merupakan harga penutupan yang nilainya hampir sama dengan nilai harga pembukaannya karena kekuatan trader pembeli dan trader penjual berimbang.

Psikologi:

Jika Anda melihat jenis candlestick seperti gambar di atas artinya market sedang indecision, para trader terlihat sedang kebingungan. Pola candlestick tersebut jika berkelompok bisa diartikan bahwa market sedang sideways (flat).

Contoh:

Catatan:

  • Warna body candlestick tidak penting dalam pola sejenis, ekor dan posisi terbentuknyalah yang akan menentukan psikologi dan bagaimana memanfaatkan pola sejenis.
  • Pergerakan harga yang ditunjukkan pada tiap contoh candlestick di atas hanya ilustrasi saja untuk mempermudah pemahaman Anda. Ada banyak sekali skenario pergerakan harga yang mungkin terjadi dalam pembentukan candlestick.

Saya berharap artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai candlestick chart dengan memahami apa yang terjadi dibalik pola candlestick. Dengan memahami candlestick dengan baik Anda dapat membuat keputusan jual beli dengan lebih objektif berdasarkan apa yang sedang terjadi di pasar.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

136 comments

  1. It is in reality a great and helpful piece of info. I’m satisfied that you
    simply shared this useful information with us. Please stay us informed like this.
    Thanks for sharing.

  2. Asking questions are actually fastiduous thing if you are not understanding something totally, however this post presents fastidious understanding
    yet.
    блины для штанги homepage фитбол купить

  3. I simply want to tell you that I am very new to blogging and site-building and really savored your website. Likely I’m want to bookmark your website . You absolutely come with exceptional stories. Regards for revealing your website page.

  4. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get bought an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.

  5. Hello this is kinda of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

  6. Admiring the persistence you put into your blog and in depth information you present. It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same outdated rehashed information. Excellent read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  7. Excellent items from you, man. I have be mindful your stuff prior to and you’re simply extremely excellent. I actually like what you have acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you assert it. You’re making it enjoyable and you still take care of to stay it sensible. I cant wait to learn far more from you. That is actually a terrific website.

  8. What’s Happening i am new to this, I stumbled upon this I have found It absolutely helpful and it has helped me out loads. I hope to contribute & assist other users like its helped me. Great job.

  9. This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I’ve shared your website in my social networks!

  10. Great blog here! Also your web site a lot up fast! What web host are you using? Can I get your associate link for your host? I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

  11. Hi to every one, the contents present at this web site are in fact remarkable
    for people experience, well, keep up the nice work fellows.

  12. Megacool Blog indeed!… if anyone else has anything it would be much appreciated. Just wanted to say thanks and keep doing what you’re doing! Great website Piano MusicEnjoy!

  13. Great tremendous things here. I¡¦m very happy to see your article. Thanks a lot and i am having a look forward to touch you. Will you please drop me a mail?

  14. I simply want to tell you that I’m very new to weblog and actually liked you’re web page. Almost certainly I’m want to bookmark your site . You surely have perfect article content. With thanks for sharing with us your web site.

  15. My wife and i have been really peaceful when Chris could round up his preliminary research because of the ideas he had from your very own blog. It is now and again perplexing to just possibly be giving for free tactics which often the rest may have been trying to sell. And we grasp we’ve got the website owner to appreciate because of that. The main illustrations you made, the easy website navigation, the relationships you will help create – it’s got most wonderful, and it’s facilitating our son and us reckon that that issue is exciting, which is certainly highly important. Thank you for the whole thing!

  16. Fantastic blog! Do you have any hints for aspiring writers? I’m hoping to start my own site soon but I’m a little lost on everything. Would you propose starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many options out there that I’m totally confused .. Any ideas? Thanks!

  17. Youre so cool! I dont suppose Ive learn anything like this before. So good to search out somebody with some original thoughts on this subject. realy thank you for starting this up. this website is something that is wanted on the web, somebody with a little bit originality. helpful job for bringing something new to the web!

  18. After I initially left a comment I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on every time a comment is added I get four emails with the exact same comment. Is there a way you are able to remove me from that service? Thanks a lot.

Comments are closed.