Mental Toughness – Kekuatan Mental Dibalik Keberhasilan Dalam Trading

Saya bisa mengajarkan kepada Anda tentang prinsip-prinsip sukses agar bisa profit konsisten.

Saya bisa memberitahukan kepada Anda apa saja proses trading yang benar.

Saya bisa menjelaskan kepada Anda tentang instrumen finansial apa yang bisa Anda tradingkan.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda hal-hal paling dasar dalam trading agar memiliki pondasi yang kuat seperti berpikir secara probablitas.

Saya bisa mengajarkan kepada bagaimana cara kerja kerugian dan bagaimana menghadapinya.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda apa itu Risk of Ruin (risiko bangkrut)  dan bagaimana cara mencegahnya.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda tentang konsep sistem trading yang memiliki positive expectancy.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda tentang analisis teknikal, bagaimana memahami chart, menentukan trend, menentukan support dan resistance, bagaimana mengaplikasikan ilmu candlestick, bagaimana menentukan pola grafik (chart pattern), bagaimana menggunakan indikator trading.

Saya bisa memberikan kepada Anda banyak sistem trading yang profitable beserta cara menggunakannya.

Saya juga bisa memberikan bukti-bukti kepada Anda jika sistem trading tersebut memang profitable.

Saya bisa menunjukkan statistik setiap sistem trading tersebut dan bagaimana kinerja sistem trading tersebut.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda tentang Money Management dalam trading.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda tentang Risk Management yang benar agar Anda tidak bangkrut.

Saya bisa mengajarkan tentang konsep Risk to Reward Ratio.

Saya bisa mengajarkan tentang Position Sizing yang benar tiap transaksi, berapa besar posisi yang harus Anda miliki dalam satu transaksi.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda bagaimana cara membuat trading jurnal.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda bagaimana mereview setiap transaksi.

Saya bisa mengajarkan kepada Anda bagaimana memahami statistik dalam trading.

Itu semua bisa saya ajarkan. Itu semua bisa Anda pelajari dan bisa Anda pelajari kurang dari 6 bulan.

 

Lantas apakah setelah Anda mempelajari itu semua Anda bisa langsung berhasil dan langsung bisa profit konsisten?

TIDAK!

Kenapa?

Karena SKILL TRADING-NYA BELUM NEMPEL DALAM DIRI ANDA.

Mengetahui dan melakukan adalah dua hal yang berbeda.

Anda bisa mengetahui semua ilmunya, tapi untuk melakukan atau memperaktekkan semua ilmunya Anda butuh waktu.

Anda tidak akan berhasil semudah itu dalam trading.

Mempelajari hal-hal yang saya sebutkan di atas mungkin hanya 10% saja dari faktor penentu keberhasilan Anda sebagai trader. Itu semua masih ilmu-ilmu dipermukaan saja.

 

Ada banyak hal-hal yang harus Anda pelajari sendiri langsung dari Market!

Hal-hal tersebut yang tidak bisa saya ajarkan kepada Anda, suatu ilmu yang tidak bisa di transfer.

Hal-hal yang tidak akan Anda dapatkan dari seminar trading manapun.

Hal-hal yang tidak akan Anda ketahui hanya dengan membaca banyak buku-buku trading.

 

Apa saja hal-hal tersebut?

 

KEKONSISTENAN

Saya tidak bisa mengajarkan tentang kekonsistenan kepada Anda.

Saya bisa ngasih ilmu tradingnya, tapi kalo Anda gak gunain ilmu tersebut secara konsisten buat apa?

Saya gak memiliki kuasa untuk memaksa Anda untuk konsisten.

Anda-lah yang harus mengajari diri Anda untuk trading secara konsisten.

 

KEGIGIHAN

Saya tidak bisa mengajari Anda tentang kegigihan.

Jika satu dua kegagalan udah membuat menyerah di tengah jalan, bagaimana mau bisa profit konsisten?

Dan bagaimana pula cara saya bisa memaksa Anda untuk berhasil?

Jika jalan hidup Anda sebagai trader mulus-mulus aja apakah Anda dapat dikatakan gigih?
Tidak bukan?

Kesulitanlah yang akan mengeluarkan kegigihan dalam diri Anda.

 

KEDISIPLINAN

Saya tidak bisa mengajarkan tentang kedisiplinan kepada Anda.

Saya sudah memberikan strategi trading profitable kepada Anda, tetapi jika Anda tidak mampu secara disiplin menjalankan sistem trading tersebut pada banyak transaksi apakah bisa profit konsisten?

Jika 5 kali kerugian beruntun sudah cukup untuk membuat Anda ragu-ragu, siapa yang bisa meyakinkan diri Anda?

Andalah yang melatih diri Anda untuk disiplin.

 

KESABARAN

Saya tidak dapat mengajari Anda tentang kesabaran.

Jika Anda tidak melatih diri Anda untuk sabar menuggu peluang trading muncul saat ini juga, maka sampai kapanpun Anda tidak akan pernah bersabar.

Latilahlah diri Anda untuk sabar melihat harga menuju target profit yang sudah Anda tentukan.

Hanya Anda yang bisa melatih diri Anda untuk sabar melihat uang di rekening trading Anda bertumbuh secara perlahan.

 

BANGKIT DARI KERUGIAN

Saya tidak bisa mengajari Anda untuk bangkit dari kerugian.

Saya trader dan saya pasti mengalami yang namanya kerugian. Dan saya pernah mengalami hingga 20 kali beruntun. Dan saya harus mengalami Maximum Drawdown hingga 30%. Dan itu rasanya sakit!

Sudah capek-capek trading secara disiplin dan konsisten tetapi masih rugi juga!

Tapi saya bisa bangkit.

Apakah Anda bisa bangkit dari kerugian? Hanya Anda yang bisa jawab.

 

KERENDAHAN HATI

Saya tidak bisa mengajari Anda tentang kerendahan hati.

Jika Anda mengalami beberapa kali kemenangan beruntung yang spektakuler, bagaimana cara saya mengajari Anda untuk tidak besar kepala?

Jika Anda mengalami beberapa kali kerugian beruntun yang sangat menyakitkan, bagaimana cara saya meyakinkan Anda bahwa itu adalah pelajaran paling berharga dalam hidup Anda?

 

KETEKUNAN

Saya tidak bisa mengajari Anda tentang ketekunan.

Jika dalam beberapa tahun awal belajar trading dan hasilnya belum kelihatan, apakah  Anda akan tetap tekun belajar dan tetap tekun mempraktekkan ilmu trading sampai berhasil atau Anda malah ganti haluan?

Hal-hal yang saya sebutkan diatas HANYA BISA ANDA PELAJARI SENDIRI melalui pengalaman trading.

TIDAK ADA YANG DAPAT MENGGANTIKAN PENGALAMAN sama seperti tidak ada yang bisa menggantikan posisi Ainun di hati Habibie (tsaaaaaahhhh…).

Konsistensi, disiplin, kegigihan, kesabaran, mampu bangkit dari kegagalan, mampu rendah hati dan ketekunan datangnya dari dalam diri Anda sendiri dan ITULAH RAHASIA TRADING YANG SESUNGGUHNYA!

Rahasia profit konsisten melalui trading ada dalam diri Anda sendiri.

Itulah sebabnya walaupun banyak orang yang ikut seminar trading hanya sedikit sekali yang bisa profit konsisten.

Sedikit yang berhasil.

Kebanyakan orang tidak mengenali siapa diri mereka sendiri.

Mereka hanya mau uang yang sangat banyak dari trading dalam waktu yang sangat singkat dan dengan usaha yang sangat sedikit.

Hanya itu.

Mereka tidak mau menggali lebih dalam untuk mengetahui skill trading apa saja yang harus dikuasai untuk dapat berhasil sebagai trader.

Tidak ada orang yang mau peduli terhadap keberhasilan trading Anda!

Enggak ada!

CAMKAN ITU BAIK-BAIK KI SANAK!

Karena tidak ada orang yang peduli kepada Anda maka Anda harus peduli kepada diri Anda sendiri.

Ada sih satu sosok yang peduli pada Anda yaitu TUHAN Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang Lagi Maha Sabar melihat tingkah Anda yang isi kepalanya mau duit aja tapi gak mau usaha yang kalo dibilangin suka ngeyel.

 

Memangnya Anda pikir dengan menulis berbagai artikel trading di blog ini saya peduli kepada Anda?

Mohon maaf nih yah. E-N-G-G-A-K!

Saya tidak sedang berusaha meyakinkan orang yang bukan trader untuk menjadi trader.

Saya tidak sedang berusaha membuat trader malas jadi trader rajin.

Saya tidak sedang mencoba mengubah trader amburadul menjadi trader disiplin.

Saya tidak sedang mengajari trader yang keras kepala dan keras hati.

Tidak.

Semua artikel trading dalam blog ini saya tujukan kepada mereka yang telah berkomitmen dari awal untuk menjadi trader yang lebih baik setiap hari dan bisa meraih profit konsisten.

Kepada trader-trader yang berniat memperbaiki diri, kepada trader-trader yang mau mengubah kebiasaan buruk dalam trading, kepada trader-trader yang mau membuka pikiran untuk ilmu-ilmu baru, kepada trader-trader yang pantang menyerah, kepada trader-trader yang di dalam hatinya memiliki keyakinan kuat untuk berhasil, kepada trader-trader yang percaya berhasil dalam trading bukanlah hal yang mustahil.

Jika Anda tidak termasuk yang saya sebutkan diatas ya tidak apa-apa.

No hard feeling. Gak perlu sakit hati.

 

Jika Anda mau menyerah, sekaranglah saat yang tepat. Menyerahlah sekarang. Lagipula tidak semua orang cocok jadi trader. Trading hanya untuk orang-orang bermental baja, bukan untuk orang-orang bermental dodol garut.

 

Untuk berhasil dan banyak uang Anda gak harus jadi trader, banyak profesi lain yang bisa Anda pilih. Misalnya pengacara. Anda bisa jadi seperti Hotman Paris.

Atau Anda bisa jadi tukang bubur kacang ijo yang keuntungan bersih hingga Rp 500.000/hari.

Atau Anda bisa mencoba menjadi mucikari. Duduk-duduk dapat duit juga tuh, yang kerja orang lain.

Atau Anda tertarik ikut pesugihan barangkali? Menjual jiwa Anda pada Iblis (itupun kalo jiwa Anda ada harganya).

Atau mau jadi preman terminal aja?

Atau Tukang Parkir yang bisa mengantongi duit Rp 100.000/jam?

 

“There is nothing more important than your emotional balance.” – Jesse Livermore

 

Kekuatan mental sangat diperlukan trader untuk tetap waras ditengah badai ketidakpastian setiap hari dalam trading. Karena sering sekali trader ketika rugi mereka tidak hanya kehilangan uang, tapi kehilangan kepercayaan diri juga.

Dan itu sangat berbahaya.

Ketika trading cukuplah Anda hanya kehilangan uang, bukan kehilangan keyakinan dan kepercayaan diri Anda. Dan emosi Anda harus tetap stabil agar Anda tetap trading dengan berpikir objektif dan keputusan-keputusan trading yang Anda ambil memang berdasarkan trading rules yang telah Anda buat.

Dan untuk sampai ke level itu Anda perlu melatih diri Anda setiap kali trading.

Melatih diri Anda untuk kuat secara mental dan emosional.

 

Good Luck!

 

Enjoy the process and have good trading habits!

6 comments

  1. Saya adalah penggemar tulisan tulisan Bapak Lukas di traderpemenang.com, Sangat Mencerahkan dan menambah wawasan sy diluar teknis Trading, Terimakasih Pak Lukas, Selamat Tahun Baru 2020, Sukses dan Sehat selalu.

  2. Mantap nih.
    Saya baru tau blog ini.
    Ternyata isinya sangat bagus.
    Nyesal baru tau
    he he he

    Semoga banyak orang yg tercerahkan

  3. Sedari awal saya sangat tertarik dengan artikel2 pak Lukas,,,
    Setiap artikel tak pernah terlewatkan utk saya baca,sangat menarik sekali membuat saya semakin sungguh2 melatih diri utk menjadi trader yang berhasil.
    Salam sukses utk pak Lukas .
    Semoga tak pernah berhenti menulis artikel yang sangat mencerahkan ini.

    1. Selamat siang Pak Dedi,

      Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat dan mempercepat proses pad Dedi menjadi trader yang bisa profit konsisten dan menjadi trader yang lebih baik setiap hari. Terimakasih untuk doa baiknya.

      Salam,
      Lukas

  4. Tulisan pak Lukas, sangat mengena sekali dengan pola pikir saya
    isi tulisan dan masukan ini bukan hanya untuk trader saja tp juga cocok untuk profesi2 lain
    saya sedang belajar saham, emang susah tp saya mau jadi gigih.
    saham menguji mental dan kesabaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *