Indikator Trading : BUKAN Alat Ajaib yang Menentukan Kemana Harga Akan Bergerak!

Indikator analisis teknikal adalah formula matematis yang dihitung menggunakan data masa lalu. Kegunaan indikator adalah memberikan informasi mengenai harga, trend ,volume,s ebagai konfirmasi, memberikan sinyal beli dan sinyal jual.

Indikator sering digunakan oleh trader sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan ketika trading.

Di era teknologi saat ini penghitungannya tidak perlu dilakukan secara manual. Hampir setiap software trading online saat ini sudah menyediakan berbagai macam indikator analisis teknikal yang siap Anda gunakan. Anda hanya perlu memasukkan nilai/variabel sesuai dengan yang Anda butuhkan ketika trading. Indikator tersebut akan otomatis muncul di dalam layar tampilan chart Anda.

Untuk tujuan analisa indikator teknikal biasanya muncul dalam bentuk grafik yang langsung menempel pada grafik harga atau bisa juga terpisah dan terletak di bawah atau di atas grafik harga.

Lantas apa yang ditawarkan oleh indikator analisis teknikal?

Indikator menawarkan berbagai macam perspektif yang berbeda untuk menganalisa pergerakan harga. Tiap indikator dapat menyediakan persepektif yang unik mengenai kekuatan sebuah trend dan arah pergerakan harga.

Penggunaan indikator sangat tergantung dengan kepribadian masing-masing trader dan gaya trading yang digunakan.

Indikator yang cocok bagi saya belum tentu cocok bagi Anda.

Harap dipahami bahwa INDIKATOR TIDAK BERTUJUAN UNTUK MEMPREDIKSI KEMANA HARGA AKAN BERGERAK DI MASA DEPAN!

Kenapa?

Karena data yang digunakan dalam mengkalkulasi sebuah indikator adalah data di masa lalu. Indikator-lah yang mengikuti pergerakan harga bukan sebaliknya.

Banyak trader melakukan kekeliruan dengan menganggap bahwa indikator dapat “memberitahu” ke mana harga akan bergerak esok hari. Seolah-olah indikator itu merupakan alat ajaib yang dapat meramalkan masa depan.

Sama seperti candlesticks patterns dan chart patterns, indikator hanya menyajikan probabilitas apa yang mungkin akan terjadi di masa depan dengan menggunakan acuan data-data di masa lalu.

Saat ini ada banyak sekali indikator analisis teknikal yang bisa dipakai oleh trader, ada ratusan kalo tidak ribuan indikator trading.

Dalam blog traderpemenang.com ini hanya akan membahas beberapa indikator analisis teknikal yang cukup populer namun dapat digunakan untuk membuat sistem trading yang memiliki positive expectancy.

Adapun indikator-indikator yang akan dibahas dalam blog ini adalah:

1.Moving Average

2.MACD

3.Stochastic Oscillator

4.Bollinger Band

5.Average True Range (ATR)

6.Relative Strength Index (RSI)

7.Volumes

8.ADX – Average Directional Movement Index

Untuk membuat sistem trading Anda harus memahami analisis teknikal dengan baik terlebih dahulu. Di artikel-artikel sebelumnya Anda sudah mempelajari tentang chart, tentang trend, tentang candlestick, tentang chart patterns dan di artikel ini Anda belajar tentang indikator.

Tidak bosan saya ingatkan sebagai trader yang Anda butuhkan untuk menghasilkan uang dari bursa finansial adalah sistem trading dengan positive expectancy dan peluang trading yang banyak.

Dengan bantuan indikator analisis teknikal, Anda bisa membuat sistem trading Anda sendiri.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *