Flag and Pennant Patterns

FLAG PATTERN

Pola Flag/Bendera termasuk sebuah pola berkelanjutan. Pergerakan harga terjadi dikisaran range yang sempit,menunjukkan pola konsolidasi sebelum trend yang terjadi sebelumnya berlanjut.

Flag Patterns terbagi menjadi dua:

1.Bullish Flag

Bullish flag pattern didahului oleh pergerakan harga naik tinggi yang membentuk higher high (HH) seolah-olah menjadi tiang.Yang kemudian disusul dengan koreksi harga yang kecil yang seolah-olah menyerupai bendera.

Contoh bullish flag pattern.

Secara teknis pondasi pembentuk bull flag pattern adalah higher high (HH) dan higher low (HL) itu saja. Higher high menunjukkan bahwa trader pembeli mampu mengangkat harga naik lebih tinggi dan higher low menunjukkan bahwa trader pembeli sedang taking profit dan harga sedikit turun sebelum akhirnya harga melanjutkan penguatan.

2.Bearsih flag pattern

Bearish flag pattern didahului oleh pergerakan harga turun yang membentuk lower low (LL) seolah-olah menjadi tiang.Yang kemudian disusul dengan technical rebound (harga naik sedikit) yang seolah-olah menyerupai bendera.

Contoh bearish flag pattern.

Pondasi pembentuk bearish flag pattern adalah lower low (LL) dan lower high (LH). Lower low mengindikasikan trader penjual sedang memegang kendali dengan menekan harga turun lebih rendah. Higher low yang terjadi merupakan sebuah kenaikan harga sementara (technical rebound) sebelum akhirnya harga melanjutkan penurunan.

PENNANT PATTERN

Pola Pennant/Bendera Segitiga mirip dengan pola flag yang sama-sama merupakan pola kontinuitas/berkelanjutan. Perbedaannya terletak pada bentuk trendlinenya. Pada pola flag trendline yang terbentuk adalah 2 buah garis sejajar/paralel. Sementara pada pola pennant trendline yang terbentuk meruncing / mengerucut.

Pennant pattern terbagi menjadi 2 jenis:

1.Bullish Pennant

Bullish pennant pattern didahului oleh pergerakan harga naik tinggi yang membentuk higher high (HH) seolah-olah menjadi tiang.Yang kemudian disusul dengan koreksi harga yang mengerucut ke atas yang seolah-olah menyerupai bendera segitiga.

Contoh bullish pennant pattern.

2.Bearish Pennant

Bearish pennat pattern didahului oleh pergerakan harga turun yang membentuk lower low (LL) seolah-olah menjadi tiang.Yang kemudian disusul dengan technical rebound (harga naik sedikit) yang seolah-olah menyerupai bendera.

Contoh bearish pennant pattern.

Pondasi pembentuk pennant pattern sama seperti flag pattern baik bullish maupun berarish.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *