Triple Top Pattern

Triple top pattern merupakan pola pembalikan arah sama seperti double top pattern,hanya saja pada triple top puncaknya ada 3.Pola seperti ini sering ditemui ketika harga sedang uptrend dan ada kemungkinan trend akan berubah menjadi downtrend.

Contoh triple top pattern:

Pondasi pembentuk triple top pattern:

1.Di titik 1 trader pembeli mampu mengangkat harga lebih tinggi untuk membentuk higher high (HH),di sini terlihat trader pembeli yang mengendalikan harga. Higher High tersebut menjadi area resistance.

2.Pada puncak kedua (angka 2) trader pembeli terlihat gagal menembus area resistance untuk membentuk higher high yang baru. Ini bisa diakibatkan oleh minat beli yang mulai berkurang.

3.Pada puncak ketiga (angka 3) inilah kesempatan kedua bagi trader pembeli untuk menunjukkan kekuatannya. Tetapi di titik inipun trader pembeli tetap gagal untuk mengangkat harga lebih tinggi untuk membuat higher high.Area resistance ini dimanfaatkan oleh trader penjual yang telah mengetahui bahwa trader pembeli sudah kehilangan kekuatannya (kehilangan minat beli). Di area ini trader penjual melakukan aksi jual yang besar untuk menekan harga lebih rendah,menembus area support (breakdown) dan membentuk lower low (LL) yang baru.

Jika terbentuk lower low (LL) yang baru berarti telah terjadi perubahaan kekuatan antara trader pembeli dan trader penjual.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *