Cari tahu disini! Time Frame Trading Yang Bisa Anda Pilih

Mungkin Anda masih bingung untuk menentukan mau jadi trader seperti apakah Anda nantinya.Di artikel ini saya akan coba membahas beberapa tipe trader dan karakteristiknya dengan harapan Anda mendapat gambaran apakah tipe trader tersebut cocok dengan diri Anda atau tidak.Atau barangkali Anda yang akan menyesuaikan diri Anda sehingga tipe tersebut cocok untuk Anda.

Hal utama yang paling membedakan antara ke- 3 tipe trader berikut ini adalah dari waktu (time frame) melakukan trading-nya.

Berikut tipe-tipe trader yang layak Anda ketahui:

1.Day Trader

Dari namanya kita telah mengetahui bahwa day trader melakukan transaksi beli dan jual di hari yang sama.Biasanya day trader menggunakan chart 5 menit – 4 jam sebagai panduan untuk mengambil keputusan jual dan beli.

Berikut beberapa karakteristik day trader:

  • Melakukan banyak transaksi,bisa sampai 5-10 transaksi perhari bahkan lebih.
  • Mengambil keuntungan dari pergerakan harga yang kecil
  • Menyukai volatilitas harga yang tinggi.
  • Diperlukan pengalaman yang cukup di dunia trading agar tidak terpengaruh emosi melihat fluktuasi harga yang naik turun dengan drastis.
  • Sangat cepat mengambil keputusan jual dan beli serta mampu melakukan manajemen risiko dengan ketat.

Jika Anda sangat baru di dunia trading dan sedang bekerja kantoran atau memiliki bisnis yang membutuhkan kehadiran Anda,maka kemungkinan day trading tidak cocok dengan Anda. Karena day trading mengharuskan Anda untuk memantau pergerakan harga di depan layar monitor dengan sangat fokus dan konsentrasi tinggi.

Contoh Intraday Chart untuk Day Trader.

2.Swing Trader

Time horizon swing trader dalam melakukan transaksi adalah dalam hitungan hari sampai beberapa minggu. Swing trader menahan suatu posisi dan mengharapkan suatu “ayunan” harga pada sebuah trend.

Berikut beberapa karakteristik swing trader:

  • Melakukan banyak transaksi (tetapi tidak sebanyak day trader) bisa sampai 5-10 transaksi perbulan dan bisa lebih tergantung modal yang dimiliki.
  • Fokus pada trend dan juga reversal trend.
  • Mengambil keputusan beli dan jual berdasarkan data End of Day (harga akhir di penutupan perdagangan).
  • Menggunakan daily chart dan sesekali dikombinasikan dengan weekly chart untuk melakukan keputusan beli dan jual.
  • Memantau harga hanya ketika saat pasar open dan close.

Tipe Swing Trader ini layak untuk Anda pertimbangkan untuk memulai karir Anda sebagai seorang trader. Untuk melakukan analisis Anda dapat melakukannya di malam hari setelah market close,dengan demikian Anda terhindar dari hiruk-pikuk pasar yang terkadang mengurangi keobjektifan Anda. Untuk memasukkan orderan Anda ke market melalui aplikasi trading online paling-paling Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Contoh Daily Chart untuk Swing Trader.

3.Position Trader

Position Trading / Trend Following adalah tipe trading dengan time frame terpanjang. Position trader biasanya menahan posisi beberapa minggu sampai beberapa bulan.

Berikut karakteristik position trader:

  • Keputusan beli dan jual biasanya mengkombinasikan antara analisis teknikal dan fundamental.
  • Menggunakan weekly chart untuk mengevaluasi market.
  • Jarang memantau pasar.
  • Memiliki prinsip buy and hold.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki tingkat kesabaran yang cukup tinggi atau Anda mau melatih kesabaran Anda sebagai seorang trader,mungkin menjadi seorang position trader bisa Anda pertimbangkan.Tipe trading ini “lebih santai” karena memang Anda tidak aktif trading-nya.Tugas Anda hanyalah Ride The Trend (walaupun sebenarnya ini lebih gampang diucapin daripada dipraketkin)

Contoh Weekly Chart untuk Position Trader.

Chart diperoleh dari: tradingview.com

Nah,sekarang Anda telah mengetahui berbagai tipe-tipe trader saatnya bagi Anda untuk menentukan mau jadi trader yang manakah Anda.

Tidak ada gaya trading yang terbaik.Setiap gaya trading memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.Yang perlu Anda temukan adalah gaya trading yang paling cocok dengan kepribadian Anda.

Di artikel berikut ini Anda akan belajar berbagai strategi trading untuk menghasilkan uang dari bursa saham.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share kepada rekan-rekan Anda.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *