The Golden Rules

The 1% Rule

Agar Anda sukses sebagai trader dalam jangka panjang maka wajib hukumnya bagi Anda untuk tidak merisikokan lebih dari 1% modal trading yang Anda miliki ke dalam satu transaksi.

Tetapi “aturan 1%” ini sering sekali diabaikan oleh para trader yang termasuk dalam grup “80% trader yang merugi” (termasuk saya juga dulu mengabaikan aturan 1% ini).

Kenapa diabaikan?

Karena aturan 1% ini dianggap terlalu konservatif kurang agresif,terlalu main aman, dan jika mengikuti aturan 1% ini kapan kayanya dari trading?

Padahal dengan mematuhi aturan 1% ini maka trader telah berhasil mencegah risk of ruin dan membangun pondasi yang solid untuk kesuksesan trading! Ada beberapa cara untuk mencegah risk of ruin ketika trading dan salah satu cara paling efektif dan langsung bisa diaplikasikan adalah melalui penerapan money dan risk management yang benar yaitu hanya merisikokan kurang dari 1% modal trading tiap transaksi! Itu saja.

Beberapa manfaat dari aturan 1%:

1. Mencegah risk of ruin

Hal yang paling mengerikan dalam trading adalah bangkrut.Setiap trader memiliki persentase peluang untuk bangkrut.Besar kecilnya persentase risk of ruin tiap trader tergantung seberapa banyak risiko yang dia ambil dalam tiap transaksi.

Semakin besar risiko yang diambil maka peluang untuk bangkrut juga semakin besar. Itu hanya tinggal menunggu waktu saja dimana “hari sial” datang.

Tugas Anda sebagai trader adalah untuk membuat peluang bangkrut itu menjadi 0%. Dengan demikian Anda tidak perlu kuatir jika ternyata “hari sial” itu datang.

Cara paling manjur mencegah kebangkrutan adalah dengan trade small yaitu Anda hanya merisikokan tidak lebih dari 1% modal trading Anda tiap transaksi.

Anda juga perlu menerapkan Risk Mangement yang tepat ketika trading yaitu menyesuaikan level stop loss dan position size / trade size berdasarkan volatilitas harga, jadi ketika Anda salah prediksi Anda hanya mengalami kerugian 1% dari modal trading Anda.

2. Mengurangi tingkat stress

Mengikuti aturan 1% ini tentu akan sangat mengurangi tingkat stress Anda ketika trading. Anda menjadi lebih rileks dan tenang ,Anda mampu berpikir jernih dan objektif, Anda hanya akan bertindak berdasarkan data dan peraturan trading yang Anda buat sendiri.

Anda tidak lagi trading berdasarkan ego, ketakutan maupun keserakahan.

Bagaimana tidak?

Karena dengan menerapkan aturan 1% ini berarti Anda sudah memiliki probabilistic mindset!

Anda menjadi tidak kuatir rugi karena Anda mengetahui bahwa jika seandainya mengalami kerugipun, rugi yang Anda alami sangat kecil dan merupakan suatu risiko yang telah diukur. Anda menyadari sepenuhnya bahwa trading adalah permainan probabilitas, dimana distribusi kemenangan dan kekalahan tidak merata.

Bahkan seandainya Anda rugi 10 kali berturut-turut Anda sudah siap, karena Anda telah menjalankan aturan 1% dan Anda masih tetap memiliki modal untuk melanjutkan trading di transaksi-transaksi berikutnya.

Anda tidak lagi menilai kinerja Anda sebagai trader berdasarkan hasil transaksi per transaksi, melainkan Anda melihat gambaran besarnya yaitu setelah Anda melakukan ratusan bahkan ribuan transaksi.

3. Membatasi kerugian

Percayalah ketika trading Anda akan mengalami yang namanya serangkaian kerugian beruntun. Bisa 5 kali beruntun bisa juga lebih. Bahkan ada trader yang walaupun sudah menjalankan sistem tradingnya dengan disipin masih mengalami lebih dari 10 kali kerugian beruntun.

Apa yang salah