Market Tidak Peduli – Anda Gak Usah Baper!

Market tidak peduli siapa Anda.

Market juga tidak peduli siapa saya.

Untuk memperbesar peluang Anda agar bisa profit konsisten dari pasar finansial maka sangat disarankan agar Anda tidak menjadi trader yang mudah baper (bawa perasaan).

Dia akan pergi kemanapun dia mau pergi. Harganya akan naik setinggi yang dia mau. Harganya juga akan turun serendah yang dia suka.

Terserah dia sajalah mau apa dan mau kemana.

Banyak hal yang tidak dipedulikan oleh market, berikut daftarnya:

  1. Market tidak peduli Anda itu lulusan SD, lulusan SMA atau sarjana yang ijazahnya boleh beli (itu juga pake acara ngutang dulu).

 

  1. Market tidak peduli latar pekerjaan Anda. Entah itu Anda seorang pengangguran banyak acara, atau seorang politikus terkenal, atau seorang musikus kawakan ataupun seorang engineer yang sukses membantu Elon Musk membuat pesawat luar angkasa SpaceX untuk pergi ke Planet Mars!

 

  1. Market tidak peduli jika Anda seorang relijius yang percaya kepada Tuhan Semesta Alam atau kepada Dewa Zeus atau kepada Thor sang Dewa Petir. Market tidak peduli apakah Anda berdoa dulu (berharap untung) sebelum melakukan transaksi apa tidak.

 

  1. Market tidak peduli jika Anda trading dengan uang hasil korupsi atau Anda trading menggunakan uang tabungan masa depan anak-anak Anda, atau trading dengan uang hasil kerja keras Anda yang penuh keringat (campur daki).

 

  1. Market tidak peduli tingkat kecerdasan Anda. Entah Anda seorang yang memiliki kejeniusan setara Albert Einstein atau Isaac Newton atau Anda termasuk dalam salah satu anggota grup legendaris IQ jongkok.

 

  1. Market tidak peduli jika Anda seorang baik hati yang peduli akan sesama manusia, peduli terhadap hewan yang dilindungi maupun terhadap lingkungan hidup. Kebaikan Anda tidak memperbesar peluang memperoleh profit konsisten.

 

  1. Market tidak peduli jika Anda seorang yang ganteng atau cantik. Orang jelek nan dekil juga bisa profit konsisten.

 

  1. Market tidak peduli jika Anda trading dari kantor mewah dengan banyak monitor dan perlengkapan trading yang super canggih, atau Anda trading dari kontrakan kumuh pake laptop butut (dengan software bajakan) sambil koloran doang.

 

  1. Market tidak peduli dengan target finansial yang ingin Anda capai. Kalo suasana mendukung, target Anda bisa tercapai. Kalo tidak? Anda siap-siap gigit jari.

 

  1. Market tidak peduli Anda sedang butuh uang Apa tidak.

 

  1. Market tidak peduli apakah Anda bertindak rasional atau bertindak emosional saat trading.

 

  1. Market tidak peduli Anda trading menggunakan strategi trading yang sudah teruji atau Anda trading seenak jidat (beli kapan saja jual kapan saja).

 

  1. Market tidak peduli dengan strategi trading yang Anda gunakan! Entah Anda trading manual cara sederhana atau Anda trading menggunakan program algoritma canggih yang super kompleks.

 

  1. Market tidak peduli Anda mengontrol risiko saat trading atau Anda trading tanpa hitung-hitungan yang matang.

 

  1. Market tidak peduli dengan opini Anda terhadap market.

 

  1. Market tidak peduli terhadap analisa Anda tentang kemana harga akan bergerak.

 

  1. Market tidak peduli dengan harga stop loss Anda sama seperti market tidak peduli dengan harga take profit Anda.

 

  1. Market tidak peduli Anda sedang untung besar atau sedang mau bangkrut!

 

  1. Market tidak peduli prediksi Anda benar atau prediksi Anda meleset.

 

  1. Market tidak peduli Anda beli diharga berapa dan jual diharga berapa.

 

  1. Market tidak peduli Anda orang yang disiplin atau Anda orang yang inkonsisten ketika trading.

 

  1. Market tidak peduli dengan perasaan Anda. Anda mau marah atau Anda mau jungkir balik karena rugi besar itu cuma masalah Anda sendiri.

 

  1. Market tidak peduli Anda punya pengalaman ratusan tahun seperti Lehman Brothers (yang akhirnya bangkrut juga) atau Anda baru anak kemarin sore yang baru ngayal-ngayal babu jadi miliarder melalui trading.