Bollinger Bands

Satu lagi indikator yang cukup dapat diandalkan ketika trading adalah Bollinger Bands.

Indikator Bollinger bands mengukur volatilitas suatu harga.Bollinger bands juga dapat digunakan untuk membaca pasar,mengetahui kekuatan sebuah trend dan untuk menentukan waktu beli dan jual.

Bollinger bands merupakan indikator yang cukup dinamis artinya indikator ini dapat merespon perubahan pergerakan harga dengan cepat.

Bollinger Bands merupakan indikator yang menyerupai price channel yang terdiri dari 3 buah garis yaitu dua garis luar (upper band dan lower band) yang berada pada standar deviasi tertentu dan garis tengah yang  merupakan garis moving average.

Settingan standar indikator Bollinger Bands untuk dua garis luar (upper band dan lower band) adalah 2 standar deviasi. Dan untuk garis tengah adalah moving average (MA) dengan periode 20.

Bollinger bands akan melebar saat harga bergerak fluktuatif serta trend yang kuat,dan akan menyempit ketika harga bergerak sideways terkonsolidasi dan low momentum trend.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika akan menggunakan indikator Bollinger Bands untuk menganalisa pergerakan harga yaitu:

  • Ketika trend cukup kuat,harga akan selalu dekat dengan outter band.Ketika uptrend harga akan berada di dekat upper band.Sementara ketika downtrend harga akan selalu berada di dekat lower band.
  • Pada saat bollinger ba