Analisis Teknikal

Ada dua cara utama yang biasa digunakan untuk menganalisa instrumen finansial dalam membuat keputusan investasi: analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental digunakan untuk menganalisa laporan keuangan sebuah perusahaan untuk mengetahui seberapa sehat sebuah perusahaan dan untuk mengetahui valuasi harga yang layak bagi saham perusahaan tersebut,apakah sahamnya terlalu “mahal” (overvalued) atau terlalu “murah” (undervalued). Biasanya yang menggunakan analisis fundamental adalah investor jangka panjang.

Sementara analisis teknikal adalah sebuah teknik menganalisa pergerakan harga saham dalam waktu rentang tertentu dan mengasumsikan bahwa harga saham telah merefleksikan semua informasi tentang perusahaan tersebut. Asumsi lain yang digunakan dalam analisis teknikal adalah bahwa harga bergerak dalam kecenderungan trend tertentu baik uptrend,downtrend maupun sideways. Oleh karena itu analisis teknikal berfokus pada penggunaan grafik harga saham dan bertujuan untuk mengetahui apakah suatu harga saham itu “jenuh beli” (overbought) atau sudah “jenuh jual” (oversold). Sebagai trader jangka pendek sebaiknya Anda menguasai analisis teknikal.

Analisis teknikal berfungsi sebagai panduan bagi Anda ketika trading untuk mengambil keputusan jual atau beli.Hampir semua sistem trading dibuat berdasarkan analisis teknikal. Di artikel lain Anda akan belajar membuat sistem trading Anda sendiri. Analisis teknikal tidak bertujuan untuk memprediksi harga di masa depan. Di sinilah banyak sekali trader yang keliru dalam menggunakan analisis teknikal,sehingga selalu merugi di pasar saham karena tidak menggunakannya dengan benar. Analisis teknikal hanya mempelajari pola pergerakan harga di masa lalu dan diasumsikan bahwa ADA KEMUNGKINAN pola tersebut akan terulang kembali di masa yang akan datang. Berapa persenkah kemungkinan tersebut? Beberapa studi menyatakan bahwa tingkat keakuratan analisis teknikal sekitar 50% – 60%.

Beberapa cakupan analisis teknikal yang akan dibahas pada blog traderpemenang.com ini adalah:

Salah satu kelebihan analisis teknikal adalah ketika Anda mampu membaca pergerakan harga di suatu pasar finansial menggunakan analisis teknikal,maka Anda bisa membaca pergerakan harga di pasar finansial yang lain. Seperti halnya saya menggunakan analisis teknikal untuk bertransaksi saham. Analisis teknikal yang sama dapat digunakan untuk bertransaksi di forex market,future market dan commodity market.Bahkan kita juga dapat membaca pergerakan harga indeks regional.

Intinya ketika kita menguasai analisis teknikal,kita mampu membaca pergerakan harga di pasar finansial manapun!

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, untuk sukses sebagai trader Anda harus mampu menggunakan analisis teknikal dengan benar ketika trading.Tujuannya agar peluang Anda berhasil di pasar saham lebih besar ketimbang sekedar menggunakan tebak-tebakan buah manggis. Dan untuk masing-masing bagian dari cakupan analisis teknikal di atas,akan saya jelaskan dengan sangat lengkap pada artikel yang terpisah untuk memperdalam pemahaman Anda.

Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang analisis teknikal maka Anda sudah memiliki modal yang cukup penting untuk membuat sistem trading Anda sendiri. Tanpa memahami analisis teknikal sulit untuk membuat sistem trading yang akan Anda jadikan sebagai petunjuk jual beli ketika bertransaksi nantinya.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits.