7 Alasan Kenapa Trading Merupakan Bisnis yang Sempurna dan Layak Diperjuangkan

Alasan awal seseorang terjun ke dunia trading biasanya karena ingin cepat kaya. Mungkin tidak mendadak banget, tapi banyak orang beranggapan melalui trading mereka bisa menggandakan uang mereka setiap tahun atau bahkan setiap bulan! Ekpektasi yang sangat keliru untuk seorang pemula! Ingin menjadi miliarder dalam waktu yang relatif singkat dengan usaha yang tidak terlalu besar hanya modal internet dan laptop tinggal “klik-klik doang” dapat duit,dan juga tidak diperlukan gelar akademis apapun untuk dapat menjadi seorang trader.

Tapi apakah benar trading semudah itu? Tentu saja tidak. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa 80%-90%  trader gagal dan hanya 10% yang berhasil.

Jika menjadi trader yang mampu profit konsisten itu tidak mudah bahkan sulit, kenapa harus capek-capek berjuang agar menjadi seorang trader sukses?

Berikut 7 alasan kunci kenapa trading merupakan bisnis yang sempurna dan layak untuk Anda perjuangkan; menjadi cepat kaya bukan salah satu diantaranya:

Alasan #1 : Fleksibel

Jam kerja yang fleksibel. Jika Anda memilih untuk trading forex maka Anda dapat trading 24 jam sehari selama 5 hari. Tentu saja sangat tidak disarankan bagi Anda untuk trading non-stop dan melototin layar monitor Anda setiap jam. Disamping tidak baik untuk kesehatan Anda ,tingkat stress juga tinggi sebagai day trader. Yang ingin saya sampaikan disini adalah bahwa Anda bisa memilih waktu kapanpun Anda mau trading tanpa dibatasi aturan seperti kerja kantoran.

Jika Anda memilih  untuk menjadi seorang swing trader atau trend follower, Anda hanya memerlukan 1-2 jam perhari untuk menganalisa market dan melakukan transaksi jual-beli.

Selebihnya Anda dapat melakukan aktivitas apapun yang Anda mau seperti quality time bersama keluarga yang Anda cintai, melakukan hobi Anda, membaca buku, berolahraga atau bahkan Anda bisa pergi berlibur.

Keunggulan dari segi waktu inilah yang terkadang tidak Anda miliki jika Anda menjalankan bisnis konvensional seperti membuka toko,membuka café/restoran,menjadi agen properti atau bisnis yang menyediakan layanan jasa Anda.

Alasan #2 : Anda dapat bekerja dari manapun di seluruh dunia

Selama ada koneksi internet Anda dapat trading dari manapun di seluruh dunia. Di bisnis lain Anda tidak dapat melakukannya, kecuali jika usaha yang Anda geluti sudah sukses dan Anda membayar orang untuk menjalankan bisnis Anda. Jika Anda sudah mampu profit konsisten, Anda dapat menghasilkan uang dari trading sambil traveling keliling dunia dengan keluarga Anda. Menarik bukan?

Alasan #3 : Tidak memerlukan karyawan

Banyak  bisnis yang bangkrut karena sang pemilik tidak atau kurang cakap dalam mengelola karyawan yang beragam. Pemilik bisnis biasanya banyak mengalami masalah mengenai karyawan baik itu mengenai kinerja karyawan tidak sesuai yang diharapkan, jam kerja, gesekan antar karyawan dan masalah upah karyawan yang kesemuanya itu dapat mengurangi kemampuan suatu bisnis dalam  memperoleh profit.

Trading tidaklah demikian. Anda hanya perlu menjalankan sistem trading Anda secara konsisten dengan disiplin.Anda tidak memerlukan karyawan.Dan berarti juga Anda terhindar dari masalah yang berkaitan dengan karyawan.

KLIK DISINI untuk mendapatkan sistem trading GRATIS!

Alasan #4 : Tidak perlu menyewa apapun

Seperti yang telah disebutkan diatas untuk menjalankan bisnis trading yang menguntungkan, Anda hanya memerlukan laptop dan koneksi internet dan skill trading. Anda tidak perlu pusing dengan biaya sewa kantor/gedung, sewa kendaraan dan lainnya ketika memulai bisnis yang nominalnya kadang tidak sedikit.

Alasan #5 : Tidak ada “pesaing”

Hampir semua bisnis yang ada di dunia ini memiliki persaingan. Dan Anda harus mampu meyakinkan costumer bahwa Andalah yang mampu memberikan yang terbaik kepada mereka, dan bukan pesaing Anda. Karena jika tidak produk dan jasa Anda tidak akan laku. Tidak laku berarti tidak ada profit.

Di dalam trading juga ada persaingan. Persaingan antar trader-trader terbaik di dunia yang menguasai pasar entah itu trader institusional maupun trader “big boys” individual. Bedanya, Anda tidak perlu kuatir dengan mereka atau bahkan Anda tidak perlu kuatir dengan market karena market tidak mengetahui siapa Anda. Bagi pasar, Anda hanya seperti remah-remah rengginang di dalam kaleng kong guan yang terabaikan. 🙂

Pesaing terberat Anda adalah diri Anda sendiri. Apakah Anda mampu disiplin menjalankan sistem trading Anda atau tidak. Apakah Anda mampu mengelola emosi dengan baik ketika trading atau tidak. Itu saja.

Trader lain atau pasar sekalipun tidak akan mampu membuat Anda bangkrut kecuali Anda mengijinkannya.

Alasan #6 : Recession Proof

Anda tentu pernah mendengar perusahaan-perusahaan besar bangkrut karena resesi ekonomi. Contohnya ketika terjadi krisis di tahun 1998 banyak perusahaan yang gulung tikar dan dinyatakan pailit oleh pengadilan. Bisnis apapun memilki resiko kebangkrutan apalagi jika model bisnis yang dijalankan tidak termasuk dalam sektor yang tahan banting terhadap resesi ekonomi.

Jika Anda telah menjadi skillful trader,maka jika market turun bahkan crash sekalipun Anda akan tetap mampu menghasilkan uang dari pasar. Menjadi trader sukses berarti mampu memanfaatkan setiap situasi dan kondisi dari pasar.

Alasan #7 : Low Risk!

Yap! Anda tidak salah baca. Trading sangat kecil resikonya! TETAPI hanya jika Anda mengetahui apa yang sedang Anda lakukan. Semua trader sukses di dunia ini telah merasakan keajaiban dari hanya merisikokan 1% dari total modal yang dimiliki.

Dengan hanya merisikokan 1% (bahkan kurang) dari total modal pada setiap transaksi dan konsisten melakukannya dalam jangka panjang, Anda telah berhasil membuat trading menjadi sebuah bisnis yang risikonya sangat kecil! Jika Anda mampu membuat persentase Risk of Ruin Anda sebagai trader menjadi 0% maka kesuksesan Anda untuk bisa profit konsisten hanyalah masalah waktu! DIJAMIN!

Demikianlah 7 alasan kunci kenapa trading merupakan bisnis yang sempurna dan layak untuk Anda perjuangkan.

Jika saat ini Anda masih pemula atau trader yang masih sering rugi dan belum juga mampu menghasilkan profit konsisten dari market,pesan saya jelas: JANGAN MENYERAH! Tetaplah berjuang,belajar dari yang terbaik,jika Anda melakukan kesalahan segeralah perbaiki karena kesalahanlah yang membuat kita belajar agar lebih baik kedepannya.

Jika Anda berpikir untuk menyerah, istirahatlah sebentar. Kemudian baca kembali tulisan ini dan sadarilah tidak ada lagi bisnis sesempurna trading.

Good Luck!

Enjoy the process and have good trading habits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *